Catatan Renungan: Apa yang Diajarkan Oleh Orang Tua Kepada Anaknya ?

Gambar via pendidikan.id

Apa yang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya pastilah berbeda dari setiap orang. Namun, aku yakin setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, setiap orang tua pasti telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik anaknya, setiap orang tua pasti mengusahakan agar nasib anak-anak mereka jauh lebih baik dari nasib mereka.

Pernah suatu ketika aku berpikir ,"ya kan aku ga diajarin buat kaya gini sama orang tuaku", namun kemudian sisi lain diriku menjawab "tapi kan Zul, sekarang kamu udah punya pikiran sendiri, udah bisa mikir harusnya aku tuh kaya gimana sih? Yaudah berarti kuncinya ada di diri sendiri, mau berubah atau ngga, bukan melulu menyalahkan karena orang tua ga ngajarin kamu buat begitu". "Iya sih bener" hatiku pun menyahut.

Aku pun membayangkan tentang apa yang orang tuaku alami saat dulu. Berdasarkan dari cerita-cerita ayah dan ibuku yang sepotong-sepotong. Ibuku dulunya merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara, dan kebayang, kalau jadi bungsu dari banyak saudara itu pastilah usia orang tuanya sudah tak muda lagi. Dan ibuku mengalami itu, dimana ayahnya meninggal saat ibuku kelas 5 SD. Ya, ibuku menjadi anak yatim. Mengingat hal tersebut, aku pun menjadi lebih bersyukur dengan keadaanku yang sekarang.

Lalu jika mengingat cerita ayahku, beliau pun sama, merupakan anak bungsu dari 10 bersaudara, namun beberapa diantaranya  meninggal. Ayahku bercerita, dulu kakekku adalah petani dan peternak, dan ayahku selalu membantu untuk mencari rumput untuk memberi makan hewan ternak, dlsb. Mengingat dan mebayangkan hal tersebut pun, aku menjadi lebih bersyukur, karena kini aku tak harus mengalami apa yang beliau alami.

Aku pun menyadari, bahwa ternyata, rasa syukur itu bisa datang dari mana saja. Alhamdulillah..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi: Menyukaimu

Maafkan Aku..

Pertanyaan Menegangkan: What's Your Hobby?